Kamis, 03 November 2011

cara membuat game tebak suara


Di dalam kuis yang akan kita buat ini, anda akan mengisi kotak yang telah disediakan dengan kata sesuai bunyi yang anda dengar. Jadi nantinya akan ada suara yang anda dengar. Apabila suara yang anda dengar kurang jelas silahkan tekan tombol play untuk mendengarkannya kembali. Apabila sudah yakin jawabannya silahkan masukkan kata darisuara yang anda dengar tersebut ke dalam kotak yang telah disediakan. Jika suda silahkan tekan tombol lanjut. Di dalam kuis ini terdapat 5 buah soal yang harus anda selesaikan. Sebelum membuat kuis ini persiapkanlah 5 buah suara masing-masing berbunyi : banan, strawberry, apple, orange, grape. Silahkan gunakan smartRead untuk membuat suaranya.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah sebuah dynamic text dengan tulisan Soal 1. Seleksi dynamic text ini dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan no_soal di dalam kotak var, non aktifkan selectable, dan aktifkan align left.
3. Buatlah sebuah objek seperti gambar di bawah ini :
play btn
4. Seleksi objek tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan play_btn sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.
5. Seleksi button play_btn di stage dan pada panel properties masukkan play_btn sebagai instance name.
6. Buatlah 1 buah static text bertuliskan Mainkan Suara
7. Buatlah 1 buah static text bertuliskan Masukkan kata pada kotak di bawah ini sesuai suara yang anda dengar. Masukkan hanya huruf kecil saja. Jika sudah silahkan tekan tombol Lanjut.
8. Buatlah 1 buah static text bertuliskan Jawaban :
9. Buatlah sebuah input text. Seleksi input text ini dan pada panel properties masukkan jawaban_user di dalam kotak var, ubah maximum characters 10 dan aktifkan tombol show border around text.
10. Buatlah sebuah dynamic text dengan tulisan Lanjut. Seleksi dynamic text ini dan pada panel propertiesnonaktifkan tombol selectable dan aktifkan tombol show border around text. Pastikan anda masih menyeleksidynamic text ini kemudian tekan F8.
11. Pada panel yang muncul masukkan lanjut_btn sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.
12. Seleksi button lanjut_btn di stage dan pada panel properties masukkn play_btn sebagai instance name.
13. Letakkan seluruh objek yang kita buat tadi seperti gambar di bawah ini :
letak frame 1
14. Klik kanan frame 2 dan pilih Insert Blank Keyframe. Di frame 2 buatlah sebuah dynamic text dengan tulisanBenar : 5
15. Seleksi dynamic text bertuliskan Benar : 5 ini dan pada panel properties masukkan benar di dalam kotak var dan juga nonaktifkan tombol selectable.
16. Buatlah sebuah dynamic text dengan tulisan Salah : 5
17. Seleksi dynamic text bertuliskan Salah : 5 ini dan pada panel properties masukkan salah di dalam kotak var dan juga nonaktifkan tombol selectable.
18. Buatlah sebuah dynamic text dengan tulisan Ulangi. Seleksi dynamic text ini dan pada panel propertiesnonaktifkan tombol selectable dan aktifkan tombol show border around text.
19. Seleksi dynamic text bertuliskan Ulangi ini dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan ulangi_btnsebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.
20. Seleksi button ulangi_btn di stage dan pada panel properties masukkan ulangi_btn sebagi instance name.
21. Letkkan seluruh objek yang kita buat di frame 2 ini seperti gambar di bawah ini :
letak frame 2
22. Pilih menu bar File>Import>Import to Library. Pilih 5 buah suara yang akan digunakan lalu tekan Open.
23. Tekan Ctrl+L untuk memunculkan panel Library. Di panel Library klik kanan suara yang berbunyi banana dan pilih linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkanbanana sebagai identifier lalu tekan ok.
24. Klik kanan suara yang berbunyi strawberry pada panel Library dan pilih linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan strwaberry sebagai identifier lalu tekan ok.
25.Klik kanan suara yang berbunyi apple pada panel Library dan pilih linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan apple sebagai identifier lalu tekan ok.
26.Klik kanan suara yang berbunyi orange pada panel Library dan pilih linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan orange sebagai identifier lalu tekan ok.
27.Klik kanan suara yang berbunyi grape pada panel Library dan pilih linkage. Pada panel yang muncul berikan tanda contreng pada Export for ActionScript dan masukkan grape sebagai identifier lalu tekan ok.
library
28. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
67
68
69
70
71
72
73
74
75
76
//mengehtikan agar frame berikutnya tidak dimainkan
stop();
//membuat variable angka dengan nilai 1
angka = 1;
//membuat variable nilai dengan nilai 0
nilai = 0;
//membuat variable jawaban1 dengan nilai tulisan banana
jawaban1 = "banana";
//membuat variable jawaban1 dengan nilai tulisan strawberry
jawaban2 = "strawberry";
//membuat variable jawaban1 dengan nilai tulisan apple
jawaban3 = "apple";
//membuat variable jawaban1 dengan nilai tulisan orange
jawaban4 = "orange";
//membuat variable jawaban1 dengan nilai tulisan grape
jawaban5 = "grape";
//ketika button lanjut_btn ditekan
lanjut_btn.onPress = function() {
 //jika nilai variable jawaban_user sama dengan nilai variable jawaban+angka
 if (jawaban_user == _root["jawaban"+angka]) {
  //nilai variable nilai ditambah 1
  nilai += 1;
 }
 //nilai variable angka ditambah 1    
 angka += 1;
 //jika nilai variable angka lebih dari 5
 if (angka>5) {
  //mainkan frame 2
  gotoAndStop(2);
 }
 //kosongkan dynamic text dengan var jawaban_user    
 jawaban_user = "";
 //jalankan fungsi mainkan_suara
 mainkan_suara();
};
//ketika button play_btn ditekan
play_btn.onPress = function() {
 //jalankan fungsi mainkan suara
 mainkan_suara();
};
//membuat fungsi suara
function mainkan_suara() {
 //tampilkan Soal + nilai variable angka pada dynamic text bervar no_soal
 no_soal = "Soal "+angka;
 //membuat variable suara sebagai sound object
 suara = new Sound();
 //jika variable angka bernilai 1
 if (angka == 1) {
  //masukkan suara dengan identifier pisang yang ada di panel library ke dalam variable suara
  suara.attachSound("pisang");
 }
 //jika variable angka bernilai 2  
 if (angka == 2) {
  //masukkan suara dengan identifier strawberry yang ada di panel library ke dalam variable suara
  suara.attachSound("strawberry");
 }
 //jika variable angka bernilai 3 
 if (angka == 3) {
  //masukkan suara dengan identifier apel yang ada di panel library ke dalam variable suara
  suara.attachSound("apel");
 }
 //jika variable angka bernilai 4  
 if (angka == 4) {
  //masukkan suara dengan identifier jeruk yang ada di panel library ke dalam variable suara
  suara.attachSound("jeruk");
 }
 //jika variable angka bernilai 5  
 if (angka == 5) {
  //masukkan suara dengan identifier anggur yang ada di panel library ke dalam variable suara
  suara.attachSound("anggur");
 }
 //mainkan suara yang terdapat di dalam variable suara sebanyak 1 kali
 suara.start(0, 1);
}
//jalankan fungsi mainkan_suara
mainkan_suara();
29. Klik frame 2 dan pada panel actions masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
//menghentikan agar frame berikutnya tidak dimainkan
stop();
//tampilakan Benar : nilai variable nilai pada dynamic text bervar benar
benar = "Benar : "+nilai;
//tampilakan Salah : 5-nilai variable nilai pada dynamic text bervar salah
salah = "Salah : "+(5-nilai);
//ketika ulangi_btn ditekan
ulangi_btn.onPress = function() {
 //mainkan frame 1
 gotoAndPlay(1);
};
30. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar